KIAI ASAN SUKSES MEMBANGUN MASYARAKAT

Ia adalah seorang lelaki tua yang memilik kebiasaan mengayomimasyarakat sekitarnya. Pekerjaanya hanya menjajakan kain door to. Ia menginginkan agar tali silaturahmi diantara dirinya dan semua orang bisa terjalin dengan baik. Semangat itu ada dalam dirinya sehingga membuat kehidupanya dirasakan nyaman dan tenang. Ia menjadi kawan semua orang, enak di ajak berbicara serius dan guyonan. Sebagai seorang kiai, ia tak pernah meninggikan diri.

Sebagai kiai kampung yang memiliki murid langgar yang banyak, ia tetap sabar menjalani pekerjaanya. Ia tak pernah gengsi melakukan semua itu dengan baik. Ia menginginkan agar hidupnya bisa semakain baik dan bermutu. Sifatnya gampang memafkan orang, tutur katanya lembut, membuat orang lain semakin berkesan teradap keperibadianya.

Suatu waktu, Kiai Hasan pernah di ganggu orang di perjalanan. Orang itu ingin mengambil uang sang Kiai. Kiai Hasan cuman berucap, "Maaf, saya tidak punya uang, kalau kain dagangan ada, " Setelah tahu bahwa orang yang di ganggunya itu adalah Kiai Hasan, yang tidak lain guru dari anaknya sendiri, orang itu kemudian memninta maaf dan berniat untuk berhenti menjadi seorang perampok. Ia memutuskan untuk bekerja.

Semangatnya Kiai Hasan terus menggebu-gebu, karena menginginkan hidupnya sukses. Kalaupun ia menjadi seorang guru ngaji, tentu saja itu tidak dapat dijadikan sebagai laan mencari uang. Banyak orang bertanya tentang konsep hidup Kiai tersebut. Ia selalu mengatakan bahwa dirinya memiliki semangat yang kuat. Suatu waktu, ia pernah mengatakan, "Bekerja adalah sesuatu yang wajib. Akan tetapi, jangan lupa kalau di tengah malam harus tetap bangun untuk shalat tahajjud agar hati menjadi tenang.

Ungkapan itu menjadi inspirasi bagi banyak hingga menjadi panutan. Ia berupaya untuk membangun masyarakat, dimana mereka hidup rukun dan damai. Jika ada dua orang yang berseturu, dia meminta keduanya untuk berdamai. Ia menjadi sesepuh yang bisa memberikan jalan keluar yang bijak. Ia mengajak orang-orang yang ada dikampungnya untuk melakukan berbagai perbuatan baik.

Jika ia meminta penduduk kampungnya untuk gotong royong, ia selalu datang paling awal. Ia mengerjakan terlebih dahulu. Ia memberikan contoh pada warga kampung. Aura tahajjud begitu luar biasa memancar sehingga membuatnya mampu mengendalikan diri dengan baik. Tahajjud memberikan dampak positif dalam kehidupannya. Tidak ada orang yang tidak segan padanya.

Betapa senangnya ketika berpapasan dengan Kiai Hasan yang berwajah lembut dan sejuk. Air mukanya menunjukan cahaya, tak menunjukan kesombongan. Ia peduli pada sesama. Ia selalu berupaya membangun keidupanya lebih baik dari sebelumnya. Jikalau ia merasa banyak kesalahan, ia merasa bahwa Allah menutupi segala macam aibnya diadapan masyarakat. Dengan cara itulah, ia tetap bertahan dan tetap dipercaya sebagai penasihat bagi masyarakatnya. "Tahajjud memang membuat saya bertahan hidup," katanya dengan bahasa yang lugas. Bertahan hidup dalam arti tetap memiliki nama yang harum di masyarakat, menjadi bagian terpenting dalam sebuah masyarakat.

Tidak semua orang mampu menjadi panutan masyarakat, tidak semua orang mampu membangun masyarakat. Kan tetapi, Kiai Hasan tak memiliki beban untuk membawa masyarakat pada jalan yang lurus. Suatu waktu, datang seorang pencopet kepadanya, yang tak lain adalah tetangganya sendiri.

"Kok terburu-buru berenti mencopet? apa anda nantinya tidak menyesal? coba dipikirkan lagi. Setelah anda betul-betul ingin berhenti, Anda bisa kembali lagi kesini."

Cara itu membuat si pencopet berpikir ulang karena ia memang betul-betul mau berhenti, maka orang itu datang lagi pada Kiai Hasan dan menyatakan bahwa dirinya tidak akan mencopet lagi. Kiai Hasan hanya meminta agar orang itu bersikap jujur. "Apapun yang anda lakukan, anda harus jujur pada diri sendiri." Sepata kata itu menghujam perasaanya. Mulai saat itulah, si pencopet berhenti dari dunia hitam. Ia bekerja keras untuk membangun hidupnya sebagaimana Kiai Hasan menjajakan kain dari kampung ke kampung.

Kiai Hasan adalah salah satu contoh dari orang yang melaksanakan shalat tahajjud yang memiliki efek sosial yang luar biasa.

0 komentar:

Posting Komentar

 

KISAH PARA TELADAN © 2011 Design by Best Blogger Templates | Sponsored by HD Wallpapers